Jumat, 08 Juni 2018

Penyebab Tangan Kesemutan

Penyebab tangan kesemutan adalah, Tangan kesemutan yang terjadi dalam waktu yang lama bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis, Selain berbagai penyakit yang merusak saraf, kesemutan yang terjadi dalam waktu lama bisa juga diakibatkan oleh cedera atau efek samping pengobatan tertentu.

Kesemutan pada tangan yang berlangsung sementara biasanya disebabkan oleh adanya tekanan pada tangan, Dengan menghilangkan tekanan tersebut, kesemutan berangsur hilang, Namun, untuk mengobati tangan kesemutan yang tidak hilang-hilang, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mencari akar permasalahan, Tanpa mengobati penyebab utama, sulit untuk menghilangkan gangguan ini.

Untuk memudahkan upaya Anda, beberapa kondisi berikut mungkin menjadi akar dari munculnya kesemutan membandel di tangan.
  • Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Salah satu penyebab tangan kesemutan kronis adalah carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal, Kondisi ini merupakan salah satu jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan, Salah satu cirinya adalah tangan kesemutan yang terjadi di malam hari, pergelangan tangan sakit, tidak ada kekuatan saat menggenggam barang, atau gangguan koordinasi tangan.

Penyakit ini bisa terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus, Beberapa pekerjaan yang berisiko mengakibatkan kondisi ini adalah mereka yang sering menggunakan tangan untuk mengetik atau menulis dan mengepak barang.
  • Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis pada tangan dapat menimbulkan gejala-gejala CTS, termasuk timbulnya kesemutan pada tangan dan pergelangan tangan, Sensasi tangan kesemutan ini biasanya  mengganggu terutama di malam tiba.

Gejala lain yang timbul dari rheumatoid arthritis di tangan adalah sendi tangan dan jari-jari yang teraba hangat, bentuk sendi yang cacat, serta nyeri maupun kekakuan saat bangun tidur yang berlangsung lebih dari satu jam. Sayangnya, dokter mungkin akan mendiagnosis CTS saja jika Anda tidak memberitahukan gejala-gejala lain dari rheumatoid arthritis ini.
  • Diabetes

Tangan kesemutan kronis bisa juga disebabkan oleh terganggunya pembulu darah kecil. Jika yang rusak adalah pembuluh darah yang memasok saraf di jari tangan, maka hasilnya bisa berupa kesemutan, rasa sakit, atau mati rasa. Hal ini dapat menimpa para penderita diabetes. Karena menyebabkan tangan mati rasa, seseorang bisa mengalami terluka tanpa terasa. Sebagaimana kita tahu, luka pada penderita diabetes susah sembuh dan bisa berkembang menjadi gangren.
  • Penyakit yang Merusak Saraf

Tangan kesemutan bisa juga diakibatkan oleh kerusakan saraf. Penyebab kerusakan saraf pada tangan bisa terjadi karena infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan. Misalnya jika seseorang dalam pekerjaannya secara teratur mengoperasikan mesin yang bergetar, maka tangannya akan mengalami kerusakan saraf dan mengakibatkan kesemutan. Keadaan ini biasa disebut dengan ‘sindrom getaran tangan dan lengan’.
Kesemutan pada jangka panjang bisa juga disebabkan oleh penyakit yang menyebabkan kerusakan sistem saraf yang tidak hanya berada di tangan. Akibat rusaknya sistem saraf, maka pada area saraf tersebut bisa mengalami kesemutan. Penyakit yang memiliki potensi demikian adalah stroke, multiple sclerosis, dan tumor otak. Meski kondisi ini serius, namun kasusnya jarang terjadi dan biasanya gejalanya bukan hanya kesemutan semata.

Jika tangan kesemutan yang dialami turut disertai dengan ruam, pusing, dan kejang otot, maka segera konsultasikan kepada dokter Anda. Dokter akan menangani Anda sesuai gangguan yang mendasari. nah itu saja beberapa dari penyebab tangan kesemutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar