Rabu, 25 Juli 2018

Penyebab Kepala Kesemutan dan Gejala Khasnya

Kesemutan atau paresthesia lazimnya terjadi di tangan atau di kaki, Lantas, bagaimana jika kepala yang mengalami kesemutan, Pertanda apakah itu. Ketahui berbagai kondisi medis yang menjadi penyebab kepala kesemutan berikut ini.

Penyebab kepala kesemutan yang bersifat sementara bisa jadi akibat stres atau gangguan kecemasan yang memicu ketegangan saraf otak, Sedangkan bila kesemutan di kepala terjadi secara persisten, kemungkinan besar menunjukkan adanya kondisi medis serius seperti neuropati kranial, multiple sclerosis atau bahkan pertanda adanya tumor otak.
  • Stres.
Kesemutan di kepala bisa terjadi akibat efek buruk dari stres., Kondisi ini di picu oleh tegangnya otot juga saraf di kepala sehingga menciptakan gejala kesemutan yang dapat dirasakan di satu atau kedua sisi kepala, Biasanya kesemutan akibat stres tidak berlangsung lama dan akan segera berakhir ketika stres yang dialami telah teratasi, Namun bila stres tidak jua teratasi, kesemutan di kepala dapat bertahan lama, bahkan dapat memicu terjadinya dermatitis seboroik.
  • Migrain.
Migrain merupakan jenis sakit kepala yang kerap menyebabkan nyeri ringan hingga parah yang berdenyut-denyut, Gejala awal migrain yang disebut dengan aura biasanya ditandai dengan munculnya masalah penglihatan, kekakuan pada leher dan kesemutan pada bagian belakang kepala atau salah satu sisi kepala saja, Pada kasus yang parah, sensasi kesemutan di kepala akibat migrain dapat berlangsung lama, bahkan dapat menyebabkan mati rasa pada wajah, bibir juga lidah, Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, namun terdapat beberapa pemicunya, seperti faktor hormon, gen, kekurangan gizi, konsumsi makanan tertentu, stres dan kelelahan.
  • Sinusitis.
Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus akibat produksi lendir berlebih yang terperangkap didalamnya, Gejala yang dapat dirasakan berupa sakit kepala, nyeri wajah terutama sekitar mata, dari hidung serta kesemutan di kepala akibat kompresi pada saraf trigeminal.
  • Neuropati.
Kranial Penyebab kepala kesemutan selanjutnya bisa jadi disebabkan oleh gangguan pada salah satu dari dua belas saraf kranial, Gangguan saraf yang disebut dengan neuropati kranial ini dapat disebabkan oleh infeksi virus, tekanan darah tinggi, stroke atau komplikasi diabetes yang disebut dengan neuropati diabetik, Gejala umumnya dapat berupa kesemutan, nyeri atau mati rasa di bagian kepala atau bagian tubuh lainnya.
  • Trauma.
Kepala kesemutan juga dapat terjadi ketika seseorang mengalami trauma di bagian kepala akibat benturan, misalnya karena pukulan, terjatuh atau kecelakaan, Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala disertai kesemutan, penglihatan menjadi kabur, mual dan muntah. Segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami kondsi seperti ini.

Maka dari itu segera tuntaskan penyakit anda terutama sering kesemutan pada bagian kepala anda, Semoga informasi ini bisa membantu untuk anda dan terimakasih atas perhatiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar